SELAMAT DATANG DI BLOG PRIBADI ARDIANSYAH FISIKA C 2010 Pengertian Media Online dalam Bentuk Content Management System (CMS) ~ Jendela ilmu Fisika

Selasa, 21 Januari 2014

  Pengertian Media Online dalam Bentuk Content Management System (CMS)
CMS atau Content Management System adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management) di suatu web.Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.
CMS atau (Content Management System) adalah suatu metode dalam mengelola content/isi. Content bisa berupa teks, suara, gambar, video, animasi dan aplikasi lainnya nyang disimpan dalam sebuah database sehingga mudah dalam pengelolaannya. Sesuai dengan nama CMS itu sendiri, website yang menerapkan sistem ini berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbarui website-nya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/intitusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya ke dalam website tanpa prosedur yang sulit. Dapat dibayangkan suatu perusahaan yang memiliki website konvensional yang belum mengadopsi CMS jika ingin memperbarui datanya. Pihak humas/umum harus menghubungi webmaster website-nya untuk mengirimkan data yang akan diperbarui, baru kemudian data tersebut diolah dan dikonversi menjadi format html oleh webmaster. Prosedur yang panjang ini sangat jelas akhirnya akan membebani biaya perusaahaan dalam operasionalnya sehari-hari dan juga dari segi waktu.
Pada umumnya sebuah CMS memiliki dua bagian kategori yaitu bagian Frontend dan Backend. Kecanggihan dan fitur masing-masing CMS bergantung pada CMS yang digunakan. Penggunaan sistem hierarki pengguna yang diterapkan CMS dalam hak aksesnya pun sangat bervariasi sesuai CMS masing-masing. Mulai dari level akses user anggota yang hanya dapat mengirimkan data tertentu berupa komentar, kemudian editor yang dapat mengirimkan suatu artikel/berita (untuk CMS yang menyediakan fasilitas ini), hingga level administrator yang dapat melakukan semua fitur yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar